Kulit tubuh kering? Penyebab, gejala dan solusinya.

Kulit tubuh kering? Penyebab, gejala dan solusinya.

Kulit adalah salah satu organ terpenting. Karena memberikan kita penampilan, rasa terhadap sentuhan, mengontrol suhu dan memberi perlindungan terhadap infeksi.

Namun, saat kulit mulai mengering dan menjadi kasar, kencang, bersisik, gatal atau nyeri, ia kehilangan kemampuannya untuk berfungsi dengan baik. Sentuhan menjadi kurang sensitif, resiko kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini meningkat dan infeksi menjadi lebih mungkin terjadi.

Dengan rutin melakukan perawatan kulit, menggunakan produk yang diformulasikan secara khusus untuk kulit kering, dapat membantu anda meringankan gejala dan memperbaiki kondisi kulit secara keseluruhan.

TANDA & GEJALA

KULIT KERING DI TUBUH – KELUHAN YANG SANGAT UMUM

Kekeringan kulit adalah penyebab utama keluhan kulit, dengan lebih dari 40% pasien yang berkunjungan ke ahli dermatologis yang membahas berkaitan dengan kulit kering. Hal ini dapat terjadi di manapun di bagian tubuh, tapi paling umum terjadi yaitu di daerah seperti tangan, kaki dan tulang kering yang sering terkena faktor eksternal yang dapat memperburuk kondisi, misalnya cuaca dingin. Kulit kering juga biasa menyerang di bagian wajah.

Bila kulit tubuh menjadi sangat kering, maka rawan akan gejala seperti sesak, kekasaran, skaliness, flakiness dan gatal. Ini bisa menyebabkan kulit pecah-pecah.
Mungkin tidak selalu jelas dan benar bahwa kekeringan adalah penyebab gejala kulit ini.

Kulit kering.
Kulit kering bisa terasa kencang dan kasar.

Kulit sangat kering.
Karena kulit kehilangan kelembapan lebih lanjut, ia menjadi lebih kasar dan mungkin tampak bersisik. Gatal juga mungkin bisa terjadi.

Kulit sangat kering.
Bila kondisi kulit memburuk lebih jauh, mungkin juga bisa jadi akibat dari perawatan kulit yang tidak efektif. Dan akan berdampak menjadi sangat kasar, bersisik dan serpihan ataubpecah-pecah. Pada tahap ini, gatal juga bisa menjadi lebih hebat.

Daerah yang terkena kulit kering.

Kekeringan bisa muncul dimana saja, sering ditemukan di tangan, kaki, siku, lutut dan tulang kering. Kulit kering di kaki sangat umum dan sering berakibat pada tumit retak (pecah-pecah). Perengkahan yang parah dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan.

Kulit sensitif.

Bila kulit di tubuh kita kering, seringkali di kaitkan dengan kulit sensitif, namun sensitivitas kulit tidak selalu disebabkan oleh kekeringan. Beberapa kulit orang, sensitif secara alami, jika terhidras. Orang dengan kulit yang kering atau sensitif atau mungkin keduanya, harus menghindari produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan yang menjengkelkan seperti parfum dan pewarna. Anda juga harus memeriksa apakah produk tersebut telah diuji coba, dan terbukti kompatibel dengan kulit yang sensitif.

Penyakit kulit kering

1. Xerosis
Xerosis adalah kulit kering patologis yang bisa disebabkan oleh kondisi dasar yang berbeda. Kata xerosis berasal dari bahasa Yunani ‘Xero’ (berarti ‘kering’) dan ‘osis’ (berarti ‘penyakit’).

2. Keratosis Pilaris.
Istilah si atas sering atau kadang disebut sebagai ‘kulit ayam’ adalah kondisi umum yang terkait dengan kulit kering. Hal ini disebabkan ketika terlalu banyak keratin terbentuk di folikel rambut kulit. Daerah kulit yang terkena paling sering ditemukan di bagian belakang lengan atas ditutupi dengan bintik-bintik putih atau sedikit merah kecil, dan kulit terasa kasar dan tidak rata.

3. Dermatitis atopik dan psoriaris juga terkait dengan kekeringan. Biasanya, kulit dengan kondisi ini terlihat memerah, serpihan, dan sangat gatal.

4. Kondisi metabolik seperti diabetes melitus dan penyakit ginjal juga bisa meningkatkan risiko kulit kering.

Jika anda memerlukan informasi yang lebih lanjut untuk membantu anda mengidentifikasi penyebab keluhan kulit anda, dan cara penanganan yang harus dilakukan, tes kulit bisa menjadi alat diagnostik yang berguna.

Tapi jika anda khawatir atau tidak yakin akan gejala yang anda hadapi, atau keadaannya menjadi lebih buruk, saya sarankan anda segera menemui dokter atau dokter kulit anda untuk konsultasi langsung.

PENYEBAB KULIT KERING

MEMAHAMI PENYEBAB KULIT KERING

Ada banyak penyebab dan faktor penyebab mengering nya kulit tubuh, mulai dari pengaruh lingkungan dan perawatan kulit yang tidak tepat hingga kondisi medis seperti Dermatitis atopik, Keratosis Pilaris dan Psoriasis.

Faktor eksternal.

1. Faktor eksternal menyebabkan fungsi dari penghalang alami kulit menjadi terganggu, dan mengakibatkan hilangnya kelembaban yang meningkat melalui kulit.
2. Kerusakan pada penghalang permukaan alami kulit karena lipid vital yang dicuci mencegah kulit tidak mengikat kelembaban, dan tingkat kehilangan kelembabanpun meningkat.

Pemicu eksternal.

Penyebab eksternal yang utama dari proses yang telah dijelaskan di atas adalah pemicu lingkungan dan perawatan kulit yang tidak tepat:

Pemicu lingkungan:

? Kondisi cuaca yang buruk: udara panas, dingin dan kering dapat mengganggu fungsi penghalang kulit.
? Perubahan musim: gejala kulit kering sering memburuk pada musim dingin atau musim panas.
? Sinar matahari atau ultraviolet (UV) dapat meningkatkan tingkat penuaan kulit dan kulit akan menjadi lebih rentan terhadap kekeringan seiring bertambahnya usia.

Perawatan kulit yang tidak tepat:

? Sering mencuci atau mandi air hangat atau terlalu lama kehujanan dapat menghilangkan lipida yang membentuk penghalang kulit.
? Perawatan kulit yang tidak tepat.
Penting untuk mengikuti rutinitas, dan menggunakan produk yang cocok untuk kulit kering. Sangat penting untuk tidak menggunakan sabun kuat yang menghilangkan lemak alami.

Obat.

Kulit kering merupakan efek samping dari banyak obat. Pengobatan yang umum digunakan yang memiliki efek samping terhadap kulit adalah obat tekanan darah, diuretik, yang bekerja dengan meningkatkan laju ekskresi air dari tubuh dan beberapa antibiotik serta obat jerawat.
Selalu periksa dengan dokter atau apoteker jika anda khawatir obat anda dapat menyebabkan kulit kering.

Faktor internal

Pengaruh genetis.

Keseimbangan kelembaban kulit juga dipengaruhi oleh pengaruh genetika. Beberapa orang memiliki kulit berminyak dan beberapa juga memiliki kulit kering. Ini jenis kulit yang diwariskan, meskipun seorang individu tidak akan selalu memiliki jenis kulit yang sama dengan orang tua mereka. Kondisi kulit seperti dermatitis atopik, Diabetes, Ichthyosis, Keratosis Pilaris dan psoriaris seringkali bersifat genetik.

Pengaruh hormonal.

Perubahan tingkat hormon tertentu, terutama estrogen dan testosteron, dapat mempengaruhi lilip kulit dan kadar kelembaban. Bagi wanita, hal ini terutama terlihat setelah menopause saat kulit menjadi kering karena penurunan produksi estrogen.

Kulit kering juga bisa terjadi selama kehamilan karena perubahan hormon.

Diet.

Seperti organ lainnya, kulit membutuhkan berbagai nutrisi penting agar bisa berfungsi dengan baik. Ini termasuk asam lemak tak jenuh dan vitamin. Kurangnya salah satu dari ini dapat menyebabkan kulit kering.

Usia.

Seiring kulit menjadi lebih tua, proses internalnya melambat dan produksi lipid menurun. Kandungan air kulit, serta kemampuan menahan kelembapan, juga berkurang. Faktor-faktor ini menyebabkan kekeringan yang pada gilirannya berkontribusi pada penuaan kulit dan perkembangan garis-garis halus dan keriput.

FAKTOR KONTRIBUSI.

FAKTOR YANG BISA MENYUMBANG KULIT KERING

Beberapa faktor lain juga dapat mempengaruhi keparahan pada kekeringan kulit. Dengan menyadari akan beberapa faktor tambahan ini mungkin akan membantu anda menghindari dan mengurangi dampaknya.

Kurangnya pengobatan yang efektif.

Bila kulit kering tidak diobati secara efektif, tingkat keparahan pada kekeringannya dapat meningkat dan menyebabkan komplikasi pada kondisi kulit secara keseluruhan.

Paparan sinar matahari.

Saat melindungi kulit kering dari sinar matahari, penting untuk menggunakan sun protection faktor (spf) atau juga sunblock yang sesuai. Pilih produk yang dapat melembabkan kulit dan pastikan itu bebas dari parfum dan pewarna karena kulit kering lebih rentan terhadap iritasi daripada kulit normal.

Bahaya.

Beberapa pekerjaan memerlukan kerja dalam kondisi yang dapat meningkatkan risiko kulit kering. Biasanya ini adalah pekerjaan yang memerlukan paparan penyebab kulit kering, seperti bekerja dalam kondisi panas atau dingin (petani / nelayan), atau sering menggunakan deterjen (dokter / perawat / penata rambut), atau terpapar zat kimia (mekanik / pembersih).

Dehidrasi.

Kulit menerima kelembabannya melalui tubuh dan karena itu tergantung pada keseimbangan air tubuh. Saat mengalami dehidrasi, tubuh mengurangi pasokan uap air ke kulit yang bisa menyebabkan kekeringan. Orang tua cenderung mengalami dehidrasi karena sensasi haus berkurang seiring bertambahnya usia.

Rokok.

Merokok mengandung banyak racun, termasuk nikotin, yang dapat mengurangi aliran darah dan memperlambat metabolisme kulit, yang mungkin menyebabkan kekeringan. Ini berarti kulit mungkin akan menua dan mengering sebelum waktunya.

SOLUSI

MERAWAT KULIT KERING

Kulit kering disebabkan oleh kerusakan pada fungsi penghalang kulit. Hal ini menyebabkan defisiensi Natural Moisturizing Factors (NMFs) yang menyebabkan penurunan kemampuan kulit untuk mengikat air. Kulit kering membutuhkan perawatan kulit yang rutin untuk mencegah kerusakan yang lebih lanjut pada penghalang kulit dan menggantikan NMF yang hilang.

Kulit yang kering atau sangat kering termasuk kulit kering yang disebabkan oleh dermatitis atopik, diabetes atau psoriaris. memerlukan produk yang telah diformulasikan untuk tingkat kekeringan tertentu. Saat memilih produk perawatan kulit untuk bayi dan anak-anak, selalu periksa rekomendasi usia atau mintalah apoteker dan atau dokter untuk mendapatkan sarannya.

Rekomendasi untuk perawatan kulit tubuh yang kering.

Membersihkan kulit tubuh yang kering.

Penyebab paling umum kulit kering adalah kerusakan pada penghalang alami kulit. Pembersih alkali dapat merusak lapisan pelindung ini, jadi penting untuk memilih pembersih ringan untuk menunjang kulit. NMF tambahan, seperti Urea, juga akan membantu mengembalikan keseimbangan kelembaban kulit.

Melembabkan kulit tubuh kering.

Syarat pertama untuk pelembab kulit kering adalah mengembalikan keseimbangan kelembaban pada lapisan atas kulit. Urea, laktat dan NMF lainnya dapat mengikat kelembaban ke stratum korneum (lapisan atas kulit). Untuk kulit yang kering dan kasar, konsentrasikan pada penggunaan Urea 5% biasanya cukup. Sedangkan kulit yang sangat kering, kasar, bersisik, bersisik dan gatal membutuhkan konsentrasi Urea yang lebih tinggi, sekitar 10%.

Melindungi kulit tubuh kering terhadap sinar matahari.

Dianjurkan untuk mengurangi terhadap paparan sinar matahari dengan mengenakan pakaian atau pelindung dan tabir surya saat keluar rumah. Penting juga bahwa tabir surya menghalangi sinar UV dan mengandung faktor pelembab. Tabir surya untuk kulit kering sebaiknya tidak mengandung parfum atau pewarna, karena kulit kering rentan terhadap iritasi.

Menghindari faktor yang berkontribusi terhadap kulit kering.

Selain rutinitas pembersihan dan pelembapan yang baik, tindakan berikut akan membantu mengurangi dampak kulit kering dan kebutuhan akan pengobatan:

? Hindari udara kering dengan menghabiskan lebih sedikit waktu di luar rumah dalam cuaca yang panas dan jika cuaca dingin gunakan humidifier di dalam ruangan.
? Gunakan sarung tangan saat mencuci piring akan membantu menghindari dari deterjen yang kuat.
? Pakailah pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti katun dan sutra yang tidak mengiritasi kulit. Wol itu alami tapi bisa mengiritasi, dan sebaiknya dihindari.
? Gunakan deterjen cucian yang bebas dari pewarna atau parfum karena bisa tetap menempel pada pakaian setelah dicuci dan dapat mengiritasi kulit kering.
? Gunakan produk perawatan tanpa parfum, pewarna dan paraben untuk menghindari iritasi.
? Pastikan anda minum air dalam jumlah yang cukup. Hal ini sangat dianjurkan untuk orang yang lanjut usia.

Kulit tubuh kering? Penyebab, gejala dan solusinya. | infomanfaat | 4.5
%d bloggers like this: