Daftar Kebiasaan Buruk Merusak Gigi dan Harus Dihindari

Posted on

Berbagai Macam kebiasaan yang bisa merusak gigi – Perawatan gigi sangat diperlukan setiap hari. Hal ini untuk mendapatkan dampak yang baik bagi kesehatan mulut. Semakin sering melakukan perawatan gigi biasanya akan meminimalisir kerusakan pada gigi. Hal ini juga berlaku dengan menghindari berbagai tindakan atau kebiasaan yang justru akan merusak gigi. Tanpa disadari kebiasaan ini sering dilakukan dan bahkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Tidak menyikat gigi, mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu manis dan lainnya adalah sebagian kecil dari tindakan yang sebenarnya harus dihindari. Menurut dokter, ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak gigi dan harus kamu hindari.

Kebiasaan seperti ini juga melibatkan gaya hidup yang diterapkan setiap hari. Berikut ini kebiasaan yang bisa merusak gigi dan segera harus kamu hindari, seperti yang di ulas di bawah ini :

Baca Juga :

Berbagai Macam Penyebab Kerusakan Gigi

  1. Menyikat gigi dengan pola sembarang

Kamu harus tahu bahwa menyikat gigi dengan pola sembarang termasuk dalam kebiasaan yang bisa merusak gigi. Beberapa dokter gigi menyarankan untuk menerapkan pola searah dalam menyikat gigi. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari kerusakan pada gusi di sekitar gigi. Pola ini juga akan berkaitan dengan pemilihan sikat dan pasta gigi. Pola searah yang disarankan saat menyikat gigi harus dibarengi dengan pemilihan sikat yang cukup lembut. Jangan terlalu kasar saat menyikat gigi dalam waktu yang sangat lama. Pertimbangkan juga untuk menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung bahan kimia berlebihan.

  1. Selalu menggunakan gigi untuk menggigit benda lain

Kebiasaan ini pasti sering kamu lakukan. Mulai sekarang jangan pernah lagi menggunakan gigi sebagai alat untuk menggigit benda lainnya. Misalnya saja pada saat kamu ingin memotong benang atau tali cukup tipis dengan menggunakan gigi. Kebiasaan ini justru akan merusak bagian akar gigi hingga pada akhirnya rusak dan mudah tanggal. Selain itu, lapisan terluar dari gigi juga akan semakin mudah terkikis akibat gesekan yang timbul saat menggigit benda itu. Kamu harus tahu bahwa kekuatan akar dan lapisan dari gigi akan terus menipis seiring bertambahnya usia. Hal ini harus kamu perhatikan untuk menghindari kerusakan parah pada gigi.

 

  1. Mengkonsumsi makanan atau minuman manis

Kebiasaan yang bisa merusak gigi lainnya adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Glukosa menjadi salah satu penyebab yang membuat gigi mudah rusak. Kandungan ini bisa kamu temukan pada beberapa makanan ringan atau minuman soda. Gaya hidup yang terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis seperti ini biasanya tidak disertakan dengan perawatan gigi berkala. Bahkan, sebagian dari kamu mungkin jarang sikat gigi saat mengkonsumsi minuman soda atau makanan ringan yang terlalu banyak mengandung gula. Hal

ini justru akan membuat lapisan dari gigi cepat terkikis. Bahkan, mahkota pada gigi graham juga akan cepat rusak dan bolong.

  1. Mengunyah benda keras seperti es batu

Salah satu dari kebiasaan yang bisa merusak gigi lainya adalah sering mengunyah makanan kerasa atau es batu. Kondisi gigi akan cepat berubah bila kebiasaan ini sering dilakukan. Gigi yang terlalu sering digunakan untuk mengunyah es batu akan membuat lapisan terluar dari akar gigi mudah rusak. Akibatnya, kamu akan mengalami ngilu berlebihan saat mengkonsumsi makanan atau minuman dingin. Selain itu, kondisi seperti ini juga diperburuk dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur sangat keras. Biasanya daging, biskuit keras, dan lainnya juga dianggap sebagai penyebab gigi rusak.

Demikian itulah beberapa hal yang sering sekali menyebabkan gigi rusak, hal ini memang kurang disadari oleh pelakunya dan bahkan bisa jadi mereka yang melakukanya sadar dan tetap suka dengan kegiatan tersebut. Tetapi jika dirasa sudah terdapat berbagai macam tanda kerusakaan pada gigi, ada baiknya mulai menghentikan kegiatan tersebut agar tidak semakin dalam lagi masalah kerusakan yang terjadi. Semoga Bermanfaat, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *